Langsung ke konten utama

#30HariKotakuBercerita Masjid Taqwa yang Istimewa

Sumber foto: Info Kota Metro

Kalau berkunjung ke Metro, salah satu tempat yang harus dikunjungi adalah Masjid Taqwa. Letaknya sangat strategis, di tengah pusat kota. Tepat di depan Pemda Metro dan bersebelahan dengan Taman Kota (yang akan dibahas di postingan selanjutnya).
Mungkin terlalu mainstream jika landmark sebuah kota adalah masjid. Hal apa yang membedakan Masjid Taqwa dengan masjid-masjid lain?!?

Pertama, tidak semua daerah di Lampung memiliki masjid yang dikenal. Nah, Metro adalah salah satu daerah di Lampung yang memiliki masjid dengan kenangannya tersendiri, yaitu Masjid Taqwa. Masjid ini menjadi salah satu bagian sejarah dari Kota Metro. Ini merupakan masjid awal di Metro dan sampai sekarang masih merupakan masjid terbesar di Metro. Bagaimana tidak, masjid ini dibuat kolonial Belanda sekitar tahun 1935-1940. Maka, jangan heran jika bentuk bangunan masjid ini mirip dengan masjid-masjid yang ada di Pulau Jawa. Bisa dikatakan Masjid Taqwa ini termasuk cagar budaya di Lampung. Konon, dulunya dibutuhkan banyak pekerja untuk membangun masjid ini. 

Kedua, letaknya yang sangat strategis di tengah kota. Disekelilingnya berderet kantor-kantor dinas pemerintahan Kota Metro. Sering menjadi tempat peristirahatan bagi para pelancong yang mampir ke Kota Metro. Ditambah lagi, di pinggirannya banyak sekali kuliner yang siap memanjakan perut. Saya pernah merasakannya. Jadi, tiap pagi selama sebulan pembekalan CPNS tahun 2011, saya dan teman-teman yang senasib sehabis apel pagi, selalu mencari sarapan di sini. Mulai dari bubur, ketoprak, lontong sayur, dan sebagainya. Masjid ini juga dekat dengan pasar, maka tak heran jika orang-orang yang bekerja di pasar umumnya juga sholat di masjid ini.

Ketiga, masjid ini menjadi pusat kegiatan islami di Metro. Beberapa bulan yang lalu, Metro menjadi tuan rumah acara MTQ Se-Provinsi Lampung. Kemudian beberapa hari yang lalu, masjid ini juga menjadi tempat pemberangkatan haji di Metro yang berpusat di sini. Kebetulan tahun ini saya mengantarkan orangtua berangkat, jadi punya dokumentasi suasana Masjid Taqwa saat subuh pas pemberangkatan haji:

Keempat, ada hal kontroversi yang mencuat di tahun 2013. Di tahun 2013, masjid ini dirobohkan. Ya, DIROBOHKAN, bukan DIRENOVASI. Semua bangunan dihancurkan rata dengan tanah, kecuali menara. Sedih jika mengenangnya. Sedih juga karena masjid yang lama tidak sempat mendokumentasikannya. Ada banyak kenangan di dalamnya, terutama bagi masyarakat Metro. Ketika masjid ini dirobohkan berarti hilang salah satu bagian sejarah dari Kota Metro. Pembangunan masjid ini memakan biaya 18 miliar. Kini, masjid berdiri megah dengan bangunan baru.


Sumber foto: @InfoKotaMetro

Sumber foto: @InfoKotaMetro

Jika kita naik ke menara masjid (satu-satunya bagian dari masjid yang tidak dirobohkan), kita bisa melihat Kota Metro secara utuh:
Sumber foto: @InfoKotaMetro 

Dan ini adalah Hyperlapse Masjid Taqwa yang dibuat oleh adik, Holy Giyan Sukarno: 

 



Komentar

  1. Masya Allah... bagus banget mbak masjidnya... indah...

    BalasHapus
  2. Saya dan kawan-kawan juga sangat sedih begitu tau masjid dirombak habis. Sebenarmya gapapa dirombak, asal tetap dalam bentuk seperti aslinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan yang bikin sedih adalah gak punya dokumentasi bangunan yang lama :')

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FILM Library Wars

1. The Library is free to collect materials. 2. The library is free to circulate materials 3. The Library guarantess the privacy of its patrons 4. The library can oppose improrer cencorship

REVIEW Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Sebenarnya gak antusias waktu tahu serial ini tayang. Pertama, setting cerita yang ala-ala kerajaan gitu biasanya bertele-tele. Kedua, pemain perempuannya banyak yang bilang nggak suka. Tapi semakin ke sini, makin banyak yang bilang suka drama ini dari segi cerita.

REVIEW Suspicious Partner

Setelah tahun lalu nonton K2, aku jadi kepincut buat nonton drama-drama yang dimainkan Ji Chang Wook. Ada Healer, Seven First Kisses, bahkan Tornado Girl 2 yang episodenya banyak pun dijabanin x))